Tuesday, February 17, 2015

Mengenal Istilah Periklanan Internet Marketing: CPC, CTR, dan Sebagainya

Bagi anda yang sedang belajar mendalami dunia Adsense atau Periklanan di Internet pasti kebingungan dengan istilah-istilah yang sering digunakan dalam dunia Advertiser/Periklanan Seperti CPA (Cost per Action), CPS (Cost per Sale), CPL (Cost per Lead), CR (Convertion Rate), CPC (Cost per Click), CPM (Cost per Mille), PPV (Pay per View), CTR (Click Through Ratio), UV (Unique Visitor), dan PV (Page View).

Didalam garis besar istilah-istilah itulah yang paling populer dicari dan paling sering digunakan di dunia Internet Marketing lantas apa artinya istilah itu semua ? mungkin sebagian dari kalian sudah tahu arti tersebut, anggap saja sebagai review ulang.

Istilah Periklanan Internet Marketing yang perlu diketahui :

1. CPA (Cost per Action)
CPA Adalah Istilah yang digunakan dalam Pemasaran Afiliansi (Affiliate Marketing),dimana anda akan dibayar jika pengunjung melakukan sesuatu seperti mengisi survey di situs tersebut.

2. CPS (Cost per Sale)
Berbeda dengan CPA, Dalam CPS anda akan diberi komisi jika pengunjung dari website anda melakukan pembelian dari afiliansi

3. CPL (Cost Per Lead)
Penyedia akan membayar jika mendapatkan calon pendaftar baru dari afiliansi

4. CR (Convertion Rate)
Convertion Rate adalah istilah yang menunjukan presentasi jumlah pengunjung yang melakukan action tertentu sebagai tolak ukur sebuah kampanye iklan

5. CPC (Cost per Click)
Dalam artian Cost per Clik adalah Biaya per Klik dimana anda penayang/publisher akan diberi bayaran bedasarkan jumlah klik yang dilakukan oleh pengunjung di situs anda, di pihak lain sebagai pemasang iklan/advertiser harus membayar kepada penayang/publiser untuk setiap kelik iklan mereka maka dari itu CPC (Cost per Clik) sering disebut PPC (Pay per Clik) Bayar per Klik

6. CPM (Cost per Mille)
Cost per Mille artinya anda sebagai penayang/Publisher akan dibayar ketika iklan di website anda tampil seribu kali, Web yang menyediakan program ini contohnya seperti www.cpmstar.com

7. PPV (Pay per View)
Dalam hal ini Pay per View merupakan Biaya per Tampilan, dimana pemasang iklan memasang dengan script Pop-up, Pop-Under (Contohnya seperti bila anda mengunjungi suatu website dan mengklik ke halaman berikutnya anda akan disuguhi jendela halaman iklan) Website yang menyedikan program ini contohnya OneClickad, Pop-Cash, Pop-Ads dll.

8. CTR (Click Through Ratio)
Click Through Ratio merupakan presentasi jumlah pengunjung yang melakukan action berupa klik pada link keluar berupa iklan, anda bisa menghitung nilai CTR dengan membagi jumlah klik terhadap iklan dengan jumlah tayang halaman

9. UV (Unique Visitor)
Yang dimaksud Unique Visitor adalah Pengunjung Unik maksudnya ialah pengunjung yang sering berkunjung
pada suatu website dengan rentang waktu tertentu harian, mingguan, bulanan, dalam artian pengunjung setia yang rela belama-lama dan mengunjungi website terus menerus

10. PV ( Page View)
Page View artinya Tampilan Halaman artinya pengunjung membuka beberapa halaman di suatu website maka jumlah tampil dihitung Page View, dan jumlah Page View akan selalu lebih tinggi dibandingkan jumlah UV

Ya, itulah beberapa istilah Periklanan yang sering muncul di dunia internet semoga bermanfaat, jika anda ingin menambahkan dan bertanya silahkan melalui kolom komentar, Sampai jumpa di artikel berikutnya.

1 comment:

Post a Comment